Langsung ke konten utama

RPP Kurikulum 2013


Contoh RPP Kurikulum 2013 kelas 4 sd. 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan                             :  SD IT AL ITTIHAD RUMBAI
Kelas/Semester                                   :  IV/1
Tema 1 /Subtema 1                             : Indahnya Kebersamaan / Subtema 1
Pembelajaran                                      : 1
Alokasi Waktu                                       : 1 x Pertemuan ( 5 x 35 Menit)
A.   Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   Kompetensi Dasar Dan Indikator

PPKn
Kompetensi Dasar
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.3 Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah,  dan masyarakat.
4.4 Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), social ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar

Indikator
3.4.1     Menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan.
4.3.1 Menjelaskan ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran.
4.4.1 Menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia

BAHASA INDONESIA
Kompetensi Dasar
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia  lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang aya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

Indikator
3.1.1 Mengolah informasi dari teks “Mengenal Suku Minang” dalam bentuk peta pikiran.
4.1.1 Mengolah informasi dari teks “Mengenal Suku Minang” dalam bentuk peta pikiran.

SBdP

Kompetensi Dasar

3.2 Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
4.5 Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah  nada
Indikator
3.2.1 Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia“ dengan tinggi rendah nada yang sesuai.
4.5.1 Menjelaskan makna lagu “Aku Anak Indonesia“.

IPS
Kompetensi Dasar
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi

Indikator
3.51. Menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan.
4.5.1 Menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan

C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah mengamati gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan dengan benar.
2.      Setelah membaca teks “Mengenal Suku Minang”, siswa mampu mengolah informasi dalam bentuk peta pikiran dengan benar.
3.      Setelah mencari informasi keragaman teman sekelasnya dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan dengan benar.
4.      Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia dengan benar.
Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu membedakan tinggi rendah notasi yang sesuai.

D.  Materi Ajar
1.    Mengenal keberagaman budaya Indonesia.
2.    Memahami keberagaman budaya.
3.    Berekspresi dengan lagu.

E. Metode dan Pendekatan Pembelajaran.    
            Metode           : Project Based Learning
            Pendekatan  : Scientific
F.         Media, alat dan Sumber Belajar
- Peta budaya (ada pada buku siswa), teks lagu “Aku Anak Indonesia”.
- Peta budaya gambar pulau-pulau Indonesia.
- slide buku siswa tentang peta budaya
- Lembar Kerja untuk Siswa
- Gambar kartu budaya Indonesia
- Sumber : Buku Siswa Tema 1 “Indahnya Kebersamaan”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G.        Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.   Siswa membaca doa sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, dan saling memberi salam.
2.   Siswa saling berkenalan dengan temannya dengan menyebutkan daerah asalnya.
3.   Siswa menyanyikan lagu “Dari Sabang sampai Merauke.

10 menit
Inti
1.   Siswa mengamati peta budaya perbedaan pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan alat musik tradisional pada slide.
2.   Siswa diberi kesempatan membuat pertanyaan berdasarkan peta budaya yang mereka amati. Pertanyaan yang dibuat ditempel di papan tulis, kemudian didiskusikan secara klasikal.
3.   Siswa mendiskusikan jawaban secara berkelompok (satu kelompok terdiri atas 5 siswa). (Penilaian no. 4)
4.   Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
5.   Siswa membaca teks “Mengenal Suku Minang”. Siswa mengambil informasi penting dari teks yang dibacanya dan menuliskannya dalam bentuk peta pikiran. (Penilaian no. 1, lihat di bagian penilaian)
6.   Siswa berpasangan mendiskusikan jawaban dengan temannya. Guru dan siswa mendiskusikan hasil jawaban tersebut di depan kelas.
7.   Setelah membuat peta pikiran dan mendiskusikannya, siswa secara individu menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
8.   Untuk menggiring siswa pada pelajaran selanjutnya, guru secara klasikal dapat mengajukan pertanyaan berikut.
 Dari manakah asal daerah kalian?
 Apakah ciri khas daerah asalmu?

9. Siswa mencari asal-usul daerah teman-temannya di kelas melalui kegiatan bertanya-jawab tentang suku, agama, dan ciri khas daerah masing-masing. Ciri khas daerah dapat dilihat dari berbagai sisi (bangunan, pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, dan lain-lain).
10.Siswa membuat kesimpulan dari tabel hasil wawancara. Guru membantu siswa dengan mengajukan pertanyaan yang ada pada buku siswa.
11.Siswa mengisi tabel tentang sikap yang berkaitan dengan keberagaman. (Penilaian no. 2).

12. Siswa mendiskusikan isi dan makna lagu “Aku Anak Indonesia” dalam kelompoknya.
13. Setiap kelompok melakukan presentasi di depan kelas.
14. Siswa diberi penguatan tentang pentingnya memiliki kebanggaan menjadi anak Indonesia.
15. Semua siswa menceritakan alasan mengapa harus bangga menjadi anak Indonesia.
16. Siswa juga menuliskan perilaku yang menunjukkan rasa bangga menjadi anak Indonesia.
17. Siswa menunjukkan tulisannya kepada seorang teman.


25 menit
Penutup
·  Siswa menuliskan kesimpulan mengenai sikap menghormati keaneka ragaman suku budaya yang ada di Indonesia dan bangga sebagai anak Indonesia.
·  Salam Doa dan Penutup
·  Hasil diskusi dikumpulkan dan dinilai oleh guru.
5 menit

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Artikel Pendidikan

KURIKULUM 2013 MENDORONG GURU UNTUK KREATIF DALAM MENGHIAS KELAS Oleh: Delta Nia Guru Kelas  di SDIT Al Ittihad Rumbai             Kelas yang indah dan nyaman adalah idaman bagi setiap guru dan siswa. Bahkan orangtua maupun wali muridpun tentu akan senang dan bahagia jika anak-anaknya berada di kelas yang nyaman, bersih dan indah. Kelas yang indah dan bersih tentulah sangat dibutuhkan, apalagi bagi guru-guru kelas yang terlibat di dalamnya. Kadangkala, sebuah kelas yang nyaman, tidak terlepas pengaruhnya dari campur tangan guru kelasnya. Guru kelas yang kreatif dan inovatif senantiasa berusaha mencari solusi apa saja, dan bagaimana caranya supaya dapat menciptakan sebuah kelas yang nyaman, yang tentu saja disukai oleh siswa-siswanya.             Munculnya kurikulum baru yaitu Kurikulum 2013, telah mendorong para guru untuk mulai memikirkan cara pengaplik...

KPI SEKOLAH

Apakah itu KPI? Dalam sebuah lembaga pendidikan atau sekolah di Indonesia, barangkali KPI adalah sebuah istilah yang belum begitu popular. KPI adalah Key Performance Index , yaitu sebuah sistim yang sistematik untuk mencapai tujuan atau prestasi yang terukur yang bertujuan melihat kinerja seseorang atau organisasi dalam mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Bagi sebuah sekolah atau lembaga pendidikan KPI menjadi ukuran untuk menentukan hasil dan tujuan dalam mencapai visi dan misi sekolah. Langkah sistematik dalam sebuah KPI dimulai pertama-tama dengan mereview kembali masalah yang terjadi melihat dari data-data. Selanjutnya mencari dan menetapkan masalah berdasarkan prioritas. Menganalisa masing-masing masalah dengan RCA (root cause analize) menggunakan 5W atau why-why analisis. Setelah masalah ditemukan baru kita dapat menentukan cara penyelesaiannya. Selanjutnya dilaksanakan dengan hasil berupa target dan tujuan yang dapat diukur. Tujuan dari KPI bagi sekolah atau lem...

My Daughter...