KURIKULUM 2013 MENDORONG GURU UNTUK KREATIF
DALAM MENGHIAS KELAS
Oleh: Delta Nia
Guru Kelas di SDIT Al Ittihad Rumbai
Kelas yang indah dan nyaman adalah
idaman bagi setiap guru dan siswa. Bahkan orangtua maupun wali muridpun tentu
akan senang dan bahagia jika anak-anaknya berada di kelas yang nyaman, bersih
dan indah. Kelas yang indah dan bersih tentulah sangat dibutuhkan, apalagi bagi
guru-guru kelas yang terlibat di dalamnya. Kadangkala, sebuah kelas yang
nyaman, tidak terlepas pengaruhnya dari campur tangan guru kelasnya. Guru kelas
yang kreatif dan inovatif senantiasa berusaha mencari solusi apa saja, dan
bagaimana caranya supaya dapat menciptakan sebuah kelas yang nyaman, yang tentu
saja disukai oleh siswa-siswanya.
Munculnya kurikulum baru yaitu
Kurikulum 2013, telah mendorong para guru untuk mulai memikirkan cara
pengaplikasiannya dan penerapannya di kelas. Kurikulum ini menempatkan hasil
karya siswa sebagai salah satu komponen yang harus senantiasa dijaga, dirawat,
dikumpulkan, dipajang dan disimpan dalam bentuk portofolio siswa. Banyak manfaat yang kita rasakan, ketika kita
sudah mulai bisa memahami makna dan tujuan dari Kurikulum ini, terutama ketika
kita mulai harus mencoba mempraktekkannya, ternyata kurikulum ini mengajarkan
kepada kita untuk lebih teliti, telaten dan rajin dalam mengumpulkan hasil
pekerjaan siswa di kelas. Hasil pekerjaan siswa tersebut bisa kita manfaatkan
sebagai pajangan untuk hiasan kelas yang menarik, selain manfaatnya yang sangat
besar dalam memotivasi siswa untuk berkarya, pekerjaan siswa juga bisa
meringankan para guru kelas dalam membuat hiasan kelas yang menarik. Selain
daripada itu, keuntungan mengumpulkan hasil karya siswa juga telah membawa kita untuk senantiasa melakukan
penghematan energi, yaitu hemat dalam penggunaan bahan, pemakaian bahan-bahan
yang bisa didaur ulang dan hemat tenaga, contohnya kertas dan hemat tenaga kita
tidak memerlukan waktu yang khusus membuat pernak-pernik hiasan kelas, karena
sudah diselesaikan oleh siswa dalam proses pembelajaran. Dan lagi semua bahan
yang kita gunakan tersebut adalah bahan
yang dipakai siswa dalam belajar. Pokoknya banyak lagi manfaatnya yang justru
meringankan kerja guru, namun mampu membuat guru menjadi lebih kreatif dan
bijaksana dalam mengelola kelasnya.
Referensi berikut ini, barangkali
bisa menjadi bahan pertimbangan maupun ide bagi para guru kelas terutama yang
mengajar di SD, untuk bisa lebih kreatif dan inovatif menciptakan suasana
lingkungan kelas yang nyaman, bersih dan indah. Selain kita bisa menerapkan
kurikulum 2013 dengan bijaksana dan profesional, kelas dan siswa pun akan
merasa puas, betah dan senang berada di dalam kelasnya. Dan tentu saja dapat
membangkitkan semangat siswa dalam belajar.
Pertama-tama, marilah kita tata
susunan tempat kita akan memajang hasil karya siswa. Pilihlah karya-karya yang
terbaik, tempatkan karya-karya tersebut pada bagian paling atas, susun
sedemikian rupa hingga space yang dipakai dapat dihemat, dan bisa dipakai untuk
hasil karya yang lain. Lihat gambar.
Siapkan juga map untuk masing-masing
siswa, sebagai tempat hasil pekerjaan siswa, pajangan yang sudah dipajang beri
batas waktu, misalnya paling lama dipajang selama 1 semester, semester
berikutnya ganti pajangan pekerjaan siswa dengan yang baru, agar tercipta
suasana baru di dalam kelas. Ketika acara pembagian rapor, kumpulkan semua
karya siswa yang dipajang di papan pajangan kelas dan masukkan ke dalam folder
yang disiapkan tadi, maka jadilah portofolio siswa untuk 1 semester. Apabila
sudah dinilai oleh guru, berikan portofolio siswa tersebut ke orang tua siswa,
agar bisa dijilid menjadi satu. Jadikan sebagai hasil kerja siswa selama mereka
menempuh pendidikan di Sekolah Dasar, simpan dengan rapi, suatu saat ketika
mereka telah menyelesaikan sekolahnya, hasil karya mereka di SD masih bisa
mereka lihat sebagai kenang-kenangan yang indah. Wow…keren khan..
Nah, teman-teman sesama guru kelas,
mari kita ciptakan kelas yang indah dan menarik agar suasana nyaman benar-benar
terasa di kelas kita, sehingga anak didik kita betah untuk belajar di dalam
kelas, kitapun sebagai guru akan semangat memberikan pengajaran kepada anak
didik kita, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Dan semoga
perjuangan para guru untuk menciptakan generasi yang terampil, berwawasan luas dan
inovatif dihitung sebagai ladang amal kita kelak di akhirat…amin,,,
Jadi ingat lagu
Kurikulum 2013 ketika ikut pelatihan K-13 kemarin…ini lo lagunya, iramanya
seperti lagu “Tenda Biru” yang dinyanyikan oleh Desy Ratnasari. Masih
ingatkan..?
Tanda Baru
Tak
sengaja lewat depan kelasmu
Kumelihat
ada tanda baru
Dihiasi
gambar dan puisi
Ku
bertanya karya siapa ini
Kupercaya hasil murid kreatif
T’lah diajar guru yang inovatif
Yang membuat murid menjadi
aktif
Sehingga kelas menjadi atraktif
Tanpa
menunggu printah dari atasan
Kau
coba ide tanpa menjadi beban
Tak
banyak cakap kau buat murid senang
Kau
kreasikan pembelajaran terkenang
Kau yakin itu sepenuh hati
Untuk membangun generasi nanti
Tak lelah jua kau berkreasi
untuk penuhi panggilan profesi
Amazing cik gu. God bless
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapus